Tips Memilih Pakan Ayam Aduan Sesuai Dengan Tipe Tarungnya


Sabung Ayam OnlineBanyaknya para pecinta sabung ayam pemula yang belum mengetahui pakan terbaik ayam aduan yang tepat untuk ayam kesayangannya. Kebanyakan dari mereka memberi pakan jenis apa saja yang penting untuk membuat ayam kenyang dan lebih berisi.

Tips Memilih Pakan Ayam Aduan Sesuai Dengan Tipe Tarungnya

Berdasarkan pengalaman pribadi para botoh tua, jenis dan susunan pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan tipe bertarung sang ayam. Hal ini sangat berpengaruh karena keperluan setiap ayam akan membentuk tipe bertarung yang lebih sempurna karena gizinya terpenuhi dengan tepat.

Pakan terbaik ayam aduan sesuai dengan tipe atau gaya tarungnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ayam tipe jalu dan ayam tipe pukul. Perbedaan kedua ayam tersebut tentunya sangat penting sehingga pemberian pakan juga harus disesuaikan.

Pakan Ayam Aduan Tipe Jalu

Ayam jalu memiliki ciri khas untuk terus menerus menyerang lawan tanpa mematuk. Ayam jalu akan melakukan pukulan secara bertubi tubi dengan waktu yang sangat singkat. Karena itu, kecepatan dalam memukul menjadi salah satu penentu yang sangat penting dalam kemenangan sang ayam di arena adu ayam.

Ayam jalu membutuhkan pakan dengan kandungan yang tinggi protein dan rendah lemak karena tipe ayam jalu membutuhkan tenaga yang sangat besar dalam pergerakannya yang cepat. Pakan terbaik ayam aduan jenis jalu adalah pakan dengan komposisi 2 kg konsentrat ayam petelur dan 8 kg dedak atau bekatul.

Komposisi tersebut adalah pakan terbaik ayam jalu yang harus diberikan berdasarkan pengalaman para botoh tua yang sudah berpengalaman di dunia sabung ayam. Cara pemberiannya bisa dicampurkan dengan air agar tidak terlalu kering dan menambahkan jagung, beras merah, atau gabah dalam jumlah yang sedikit.

Pakan Ayam Aduan Tipe Pukul

Ayam pukul memiliki modal dasar untuk menang di arena sabung ayam. Ayam pukul juga mampu untuk bertahan dalam pertandingan dengan ronde yang panjang. Sesuai dengan namanya, ayam pukul lebih sering menggunakan pukulan untuk mengalahkan lawan.

Ayam pukul memerlukan pakan dengan kandungan yang tinggi karbohidrat dan protein. Kandungan ini akan membantu ayam pukul bertahan lebih lama hingga pertandingan selesai. Pakan terbaik ayam pukul adalah dengan komposisi 5 kg jagung halus, 2 kg bekatul atau dedak, dan 3 kg konsentrat ayam petelur.

Untuk pemeliharaan yang insentif tidak di adu atau di abar anda bisa menambahkan 1 ons susu bayi formula pada pakan ayam tersebut. Berikan pakan dengan tambahan susu selama 14 hari dan diselingi dengan makanan lain beberapa hari.

Baca Juga : Resep Membuat Jamu Ayam Bangkok Rahasia Para Botoh

Demikianlah ulasan mengenai Tips Memilih Pakan Ayam Aduan Sesuai Dengan Tipe Tarungnya yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda dan salam hangat, Bandar Sabung Ayam.