Ini Penyebab dan Cara Penanganan Ayam Aduan Telat Bertelur


Sabung Ayam Online – Ini Penyebab dan Cara Penanganan Ayam Aduan Telat Bertelur. Permasalahan yang sering dialami oleh para peternak ayam aduan yaitu turunnya jumlah produksi telur ayam aduan mereka. Ada beberapa penyebab khusus ayam aduan yang telat bertelur. Salah satunya kurang lamanya penyirnaan, nutrisi pakan, virus penyakit atau ayam aduan sedang mengalami stres.

Ini Penyebab dan Cara Penanganan Ayam Aduan Telat Bertelur

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para peternak seperti asupan protein, kalsium serta energi yang sangat mempengaruhi hormon reproduksinya. Jika ayam aduan kurang mendapatkan air minum, maka produksi telurnya juga akan menurun.

Penyebab Ayam Aduan Telat Bertelur

Berikut ini kami tim Sabung Ayam Online akan memberikan beberapa cara untuk menangani ayam yang telat bertelur agar para peternak tidak kewalahan dalam menghadapinya.

1. Stres
Ayam aduan yang mendapatkan nutrisi pakan tepat tapi masih kesulitan bertelur bisa jadi karena stres. Biarkan ayam aduan berada didalam kandang dan lingkungan yang tenang. Jauhkan dari keadaan ribut dari orang sekitar dengan suara yang keras untuk mencegah ayam ketakutan.

2. Kepanasan / Kedinginan
Sama halnya seperti manusia, ayam aduan juga bisa merasakan suhu panas atau dingin di luar tubuhnya. Jika cuaca sedang panas, maka berikan pakan dan minum yang cukup agar kebutuhan ayam akan mengubah prioritasnya untuk bertahan hidup sehingga kesulitan bertelur.

3. Pemindahan Kandang
Para bobotoh yang sering melakukan pemindahan kandang sehingga ayam aduan menjadi stres. Kurangi pemindahan kandang ayam aduan jika tidak diperlukan. Usahakan untuk memasukkan ayam aduan yang akan bertelur dengan ayam yang berusia sama.

Baca Juga : Tips Mengobati Ayam Bangkok Aduan Yang Mengalami Keracunan

Cara Penanganan Ayam Aduan Telat Bertelur

Ayam aduan akan lebih cepat bertelur jika dibantu dengan pencahayaan dengan waktu 16 jam di dalam kandang agar produksi telur tetap terjaga.

Kurangnya pencahayaan akan membuat bulu ayam menjadi rontok dan ayam berhenti bertelur. Lakukan pencahayaan selama 16 jam sehari secara teratur dalam 2 bulan. Cukup dengan memasang bohlam 3 watt setiap meter persegi luas kandang.

Penuhi juga kebutuhan nutrisi ayam seperti protein, asam amino dan kalsium. Tambahkan juga vitamin dan suplemen yang bisa dibeli di apotik sehingga ayam aduan siap untuk memproduksi keturunan yang berkualitas.

Demikianlah sajian mengenai Ini Penyebab dan Cara Penanganan Ayam Aduan Telat Bertelur yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda dan salam hangat, Bandar Sabung Ayam, Bandar303.